Apa Itu Custom ROM?






Ayo Mulai!

Apa itu Custom ROM

          Apa custom Android ROM sebenarnya? Sebuah kustom Android ROM mengacu pada firmware ponsel , berdasarkan platform Android Google. Android adalah sebuah proyek open source sehingga setiap pengembang dapat mengambil kode dan dapat mengeditnya menyesuaikan / memodifikasi sesuai dengan kesukaannya, seperti yang anda inginkan, dengan banyak fitur tambahan, perbaikan dan inovasi dll, kemudian mengkompilasi ulang itu, dan merelease untuk berbagai perangkat. Pengguna dapat menginstal ROM untuk mengubah penampilan dan performa perangkat. ROM dikembangkan oleh komunitas Android, dan oleh sekelompok pengembang inti yang melakukan ini murni dari semangat untuk modding. Ini berarti bahwa sebagian benar-benar bebas dan Custom ROM yang tersedia untuk ponsel, tablet perangkat yang berjalan pada Android.

          Dalam pengalaman saya, ROM kustom tidak semua stabil, tergantung pada ROM, tentu saja anda harus menanggung dengan bug apakah kecil atau besar jika Anda menemukan, atau Anda dapat melaporkan bug untuk pengembang untuk memperbaikinya. Android Tablet dan Smartphone menggunakan ROM ini untuk menyimpan sistem operasi (OS). Tapi, dalam diskusi umum dan dalam artikel ini ROM mengacu dibangun kustom OS.ROM umumnya disebut apa-apa tapi Anda bisa mengatakan itu adalah Software utuh Telepon Anda (Software yang berisi semua pengaturan default / pabrik, aplikasi, data, dll ..). Stock ROM dapat memberikan informasi pengguna tetapi Anda tidak dapat menyesuaikan atau membuat perubahan pada sampai Anda menginstal Custom ROM atau Akar Ini.

Anda mungkin telah menemukan Firmware kata yang mengacu


"Aplikasi dan sistem operasi yang mengontrol bagaimana ponsel atau Smartphone beroperasi. Hal ini disebut firmware daripada perangkat lunak untuk menyoroti bahwa itu sangat erat terkait dengan komponen hardware yang tertentu dari perangkat"


Rom yang populer seperti:


  • AOSP
  • LineageOs
  • Pixel Experience
  • Resurrection Remix
  • Mokee

Sekarang mari kita lihat tentang setiap custom rom singkat satu per satu.

AOSP

          AOSP adalah sebuah proyek open source android, yang mengacu pada ROM yang belum diubah dari Google. Nama kustom ROM sangat dekat dengan AOSP asli, karena ROM ini masih perlu disesuaikan. Nama ROM yang tidak memiliki launcher kustom atau banyak yang memodifikasi membuatnya dengan launcher Sense, TouchWiz, MIUI dll, meskipun mereka mungkin masih bertema dari basis AOSP. Sebuah nama yang lebih akurat untuk ROM polos dan sebagian besar-tidak berubah untuk perangkat non-Google mungkin "vanila ROM". Dan antarmuka akan berubah dari versi ke versi Andriod .

 

LineageOs



         LineageOS adalah rom yang gratis dibuat oleh komunitas yang dibangun, aftermarket distribusi firmware dari Android, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan kehandalan lebih stock Android untuk perangkat Anda. LineageOs memiliki pengaturan kustomisasi sangat dasar inbuilt seperti pengaturan bar status yang kita dapat mengubah posisi jam dan baterai ikon gaya dll, dan juga memiliki pengaturan tombol juga di mana kita dapat mengubah tindakan dari tombol baik bisa kita gunakan pada tombol layar (Navigate Bar). LineageOs memiliki pengalaman kinerja yang sangat baik dalam kehidupan sehari-hari. LineageOS didasarkan pada Proyek Open Source Android dengan kontribusi tambahan dari banyak orang dalam komunitas Android. Hal ini dapat digunakan tanpa perlu memiliki mengisntal aplikasi Google.



Pixel Experience


          Pixel experience roms dibuat dengan experience google pixel termasuk semua aplikasi google dengan animasi boot yang sangat baik, dan banyak lagi kustomisasi, fitur yang sangat baik di ROM pixel adalah sentuhan 3D kita bisa mendapatkan beberapa pilihan untuk aplikasi ketika kita lama menekan mereka untuk 1 atau 2 detik misalnya membuka aplikasi kontak dan membuat kontak kita bisa panjang tekan pada aplikasi kontak dan kita akan mendapatkan membuat pilihan kontak. Fitur lain yang mengagumkan dan fantastis adalah google assistant, fitur ini benar-benar penemuan besar untuk perangkat android, yang bisa kita meminta sesuatu yang kita inginkan tanpa menyentuh perangkat ponsel, asisten perangkat google akan memberikan jawaban dan kita dapat memberikan perintah untuk beberapa tugas-tugas sederhana seperti panggilan ke orang ditetapkan alarm dan membuat acara dll Untuk saat ini google assistant bekerja hanya dari versi android lollipop . kita bisa memiliki pengalaman baru dengan ROM pixel dengan semua antarmuka baru dan peluncur sehingga membuat pengalaman baru mencoba pixel dalam perangkat Anda.



Resurrection Remix

          Resurrection Remix ROM adalah rom yang penuh fitur, stabil dan dikombinasikan dengan fitur terbaik. kita bisa mendapatkan banyak pengalaman mengagumkan di dalam Resurrection Remix ROM , termasuk baik dalam kinerja, kustomisasi, ketahanan dan fitur terbaru pada perangkat kalian! Meskipun dengan begitu banyak kustomisasi dan fitur yang tersedia di rom ini, ROM ini sangat irit baterai meskipun tidak semua, Ini adalah salah satu ROM paling banyak disesuaikan di luar sana! Masing-masing dan setiap bagian dari Resurrection Remix ROM adalah open source sehingga ada pembaruan setiap ada penambahan fitur dan perbaikan bug. Semuanya dapat berkontribusi terhadap dalam pengembangan


Mokee


          MoKee OpenSource didasarkan pada Google AOSP. Tim mereka akan memperbarui source codenya seiring untuk menjaga dengan perkembangan terbaru, dan tidak lupa untuk menyertakan fitur khusus pada saat yang sama. Sekelompok kecil orang-orang dari seluruh dunia yang tertarik Android meluncurkan proyek ini pada 12 Desember 2012, dan semua berkomitmen untuk membuat ROM ini lebih baik dan lebih baik. Seperti kebanyakan kontributor proyek open source (Omini, LineageOs, Slim AOSPA dll), mereka melakukan semua ini di waktu luang sebagai gairah mereka. Pada saat yang sama kita dapat memiliki beberapa kustomisasi dasar dalam Mokee ini ROM seperti pengaturan status bar dan tombol pengaturan, yang tak kalah Mokee menyediakan update nighly harian untuk perangkat yang mengalami perkembangan saat ini.


Keuntungan Custom ROM


  • Sesuai Keinginan! - Tergantung pada pengembangan perangkat kalian bebas untuk memilih dari berbagai ROM sesuai Pilihan Anda langsung dari AOSP ke LineageOs, Resurrection Remix ke Xiaomi MIUI dan sebagainya.
  • Perbaikan bug dan Update - Pengembang ROM umumnya memberikan Pembaruan tepat waktu pada Perbaikan bug jika mereka Pengembang Aktif dan berinteraksi pengguna mereka untuk timbal balik dengan pengguna.
  • Underclocking dan Overclocking -- ROM Kustom tertentu memungkinkan underclocking dan Overclocking yang membantu untuk meningkatkan ketahanan baterai dan Kinerja Perangkat masing-masing.
  • Customization -- Banyak kustomisasi tersedia dalam kustom ROM sesuai kebutuhan kalian sehingga membuat dapat merubah tampilan untuk rom kustom tercinta Anda.



Kekurangan Custom ROM

  • Masih ada BUG – Kurangnya Penguji untuk Perangkat tertentu dapat mengakibatkan masih terdapat bug dan tidak optimalnya pada ROM yang dapat mengecewakan jika kalian mencobanya pertama kali.
  • Bootloop – Pada saat file bisa rusak saat men-download atau beberapa masalah saat flashing dapat menyebabkan korupnya data bersama dengan bootlopp bahkan brick pada perangkatnamun masih bisa diperbaiki.
  • Unlocked Bootloader –Kebanyakan pernagkat Xiaomi masih locked bootloader sehingga kalian harus mengunlocknya terlebih dahulu, agak ribet sih.
  • Official Support – Intinya kalau kalian install Custom rom maka tidak ada official support dari garansi yang kalian miliki a.k.a void.

FAQs
 
Mungkin beberapa pertanyaan umum mengenai rom terlintas dikepala kalian

1. Apakah setelah root lebih baik install Custom ROM atau tetap di rom official?                 
Jwb: Pikirkan kembali jika sewaktu waktu ponselmu error atau rusak lalu digaransikan maka garansinya ditolak jika ketahuan memakai custom rom mungkin kalau root masih bisa diakalin,
2. Bagaimana Memilih rom yang sesuai?
Jwb: Sering sering mampir diforum atau tanya di group sesuai perangkat kalian (simple :v)


Sumber: en.miui.com


Semoga Bermanfaat.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Apa Itu Custom ROM?"

Post a Comment

PERATURAN KOMENTAR :

1. Dilarang Spam
2. Dilarang Memasang Link Aktif
3. Dilarang Menghina Sesama
4. Komentar Harus RELAVAN Dengan Artikel

Terimakasih Atas Antisipasi Anda Telah Menaati Aturan Diatas.