Tips ngeblog untuk pemula

Tips Sebelum Kamu Terjun Ke Dunia Blogging
Tulisannya bukan sekedar ngalor-ngidul 500 kata lalu selesai. Satu postingan beliau mematok minimum kata sebanyak 1200 kata. Penasaran ga sih kok bisa sebanyak itu? Tips ngeblog ini mungkin bisa membantu untuk para newbie blogging, agar menjadi blogger yang sukses kelak yang akan datang.

Belum lagi soal ide. Shemoetireng ini selalu kaya akan ide. Seperti tak pernah habis. Setiap postingan, ada saja ide keren yang ia tulis. Sisi yang ia bahas pun beragam hingga berkali-kali mendapatkan reshare oleh pembaca setianya.

Saya ingin bahas tentang Tips Ngeblog Bagi Pemula dan Tips Menulis >1200 Kata, agar ketika ngeblog tidak salah langkah. Namun terus tertunda karena belum menemukan partner yang tepat.
Bisa dihitung sendiri.


Manfaat Nulis >1200 Kata
Ketika saya tanya ke Master blogger soal kapan pastinya ia berani menulis lebih dari 1200 kata, master Blogger  yang aktif ini tidak tau secara pasti. Namun yang jelas, ia mendapatkan info dari founder Blogger Perempuan yakni Mbak Shintaries, bahwa menulis lebih dari 1200 kata itu memiliki manfaat, yakni :

1. Google lebih suka tulisan di atas 1200 kata, sehingga akan mudah terdeteksi oleh mesin pencari.
2. Mendatangkan Organik Visitor
3. Merampingkan Alexa dan tetap pada posisi stabil
4. Dengan menulis lebih dari 1200 kata (panjang dan padat), maka tulisan akan lebih komplit dan si Blogger merasa leluasa juga puas akan tulisannya.
5. Google lebih suka perbanyak kata di bandingkan dengan gambar.

Tips Menulis >1200 Kata

Bisa menulis panjang itu kalau buat saya pribadi adalah karena beliau tahu apa yg mau ditulis. Seperti yang sudah saya paparkan di paragraf sebelumnya bahwa kualitas tulisan berbanding lurus dengan kuantitas dan kualitas bacaan. Ya, Blogger ini mengimbangi dengan membaca informasi terkait ide yang akan ia bahas secukupnya saja. Tidak berlebihan hingga keliatan seperti ‘ahli’, tidak juga kekurangan hingga terlihat seperti tak tau apa-apa.

Caranya gimana biar bahan tulisan memadai?

Menurut Master blogger, agar tulisan yang kita tulis itu memadai, berisi dan jelas adalah:

1. Gali ide dan hal yg berkaitan dengan itu. Misal tentang operasi caesar. saya akan baca bahan tentang operasinya, prosedurnya, alasan mengapa ibu harus dioperasi, efek samping dari operasi, pengalaman ibu yg operasi caesar dan sebagainya.
2. Kalau dikira-kira bahan bacaan sudah memadai dan kita sudah paham, tinggal tentukan angle tulisan. Mau bahas dari sisi mana? Sisi tenaga medis? Isu negatif operasi? Sisi orang yang membagi pengalaman pribadi? Atau yg lain, memasukkan energi emosional dalam tulisan dengan menghadirkan narasumber yang berpengalaman langsung menjalani operasi tersebut. Bisa, kan? Darimana saja bisa, asal bahan bacaan tadi sudah cukup kita pahami.
Kemudian, tarik kesimpulan. Ternyata benang merahnya ada pada rasa cemas. Sisi kecemasan inilah yang bisa kita munculkan dalam tulisan SC tersebut. Sehingga selain menghasilkan tulisan yang informatif, kita juga bisa memasukkan emosi ke pembaca.
3. Setelah selesai mencari angle, pilah-pilah bahan yg dikumpulkan tadi, sesuaikan antara kebutuhan tulisan dg angle tadi. Jangan terlalu informatif dan melenceng dari angle yang kita maksud.
4. Bikin outline
5. Menulislah sesuai gaya bahasa sendiri agar tulisanmu menjadi berkarakter.

  Jadi kira-kira, kalau memang dirasa hati sudah mampu untuk menulis lebih dari 1200 kata, mulailah latihan. Jangan menunda lagi. Awalnya dulu saya mencoba menulis panjang itu saat ikut lomba blog saja.

Tips Ngeblog Untuk Pemula

  Pembicaraan kamipun sampai di Tips Ngeblog Untuk Pemula. Bila dipikir-pikir, saya bukan orang baru lagi di dunia pembloggeran. Beliau sudah cukup dikenal di beberapa komunitas blogger. Untuk itu, sayapun mengajak kalian sharing soal Tips Ngeblog Untuk Pemula.

  Buat pemula, awali ngeblog dengan niat yang lurus. Jangan langsung ingin bagus. Semua itu berproses. Bila langsung mampu menulis hingga 1200 kata, pertahankan. Bila belum mampu, maka nikmati proses awal ngeblogmu. Kamu bisa mulai dengan :

1. Nulis sesuai minat, ngeblog dibawa santai aja kaya di pantai.
2. Nulis dengan gaya tulisan sendiri
3. Hindari copas
4. Aktifkan media sosialmu seperti facebook, Ig, Twitter, g+
5. Sharing tulisan ke media sosial
6. Terus belajar lewat online maupun offline
7. Silaturahmi ke blog lain (Blogwalking)
8. Gabung di komunitas blogger

Masih berfikir ngeblog itu ya ‘ngeblog’?

Tidak bisa dipungkiri memang, orang-orang berfikir ngeblog itu ya nulis. Apa aja ditulis. Ada yang awalnya cuma sebatas curhat-curhat gaje, ada juga yang karena tuntutan tugas kuliah. Buat pemula hal ini dimaafkan dan dimaklumi. Namun buat yang sudah berbulan hingga bertahun, rugi rasanya jika tidak ada perubahan dari kepadatan isi tulisan, dsb.

Saya ini sudah merasakan asyiknya ngeblog. Beliau pernah diposisi blogger pemula dan beliau tau sekali seluk beluk blogger pemula itu bagaimana. Jika diseriusi, ngeblog itu asyik sekali. Bisa mendatangkan teman baru, pembaca setia, follower media sosial yang bertambah hingga ke job review. Ngeblog dibayar? Emang bisa? Bisa banget!

Jadi, buat teman-teman yang sedang belajar menulis >1200 kata, teruslah latihan. Bagi yang ingin fokus di dunia blogger, segeralah celupkan dirimu. Ngebloglah dengan senang hati dan riang gembira.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

10 Responses to "Tips ngeblog untuk pemula"

  1. kalo perartikel kurang dari 1200 gimana gan ?

    ReplyDelete
  2. Mungkin itu bukan ngeblog, tapi seperti nulis cerpen��

    ReplyDelete
  3. bermanfaat untuk yang baru belajar nge blog gan, nice info

    ReplyDelete
  4. ok min makasih tipsnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Saya udh lama ngeblog tpi abis baca ini serasa klo saya masih seorang pemula... thanks infonya min

    ReplyDelete
  6. Saya udh lama ngeblog tpi abis baca ini serasa klo saya masih seorang pemula... thanks infonya min

    ReplyDelete

PERATURAN KOMENTAR :

1. Dilarang Spam
2. Dilarang Memasang Link Aktif
3. Dilarang Menghina Sesama
4. Komentar Harus RELAVAN Dengan Artikel

Terimakasih Atas Antisipasi Anda Telah Menaati Aturan Diatas.