Mengatasi Android Crash & Freeze Android Baterai Tanam

Jadi begini cara mengatasi ponsel yang sering freeze dan crash - Masalah pada keluhan ini sering kita jumpai bagi pengguna ponsel yang pada bagian baterai tidak bisa di buka / baterai tanam. Masalah ini di sebabkan oleh adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang terlalu banyak memakan RAM sehingga ponsel semakin lambat dan akhirnya Freeze. 

Apa itu Ponsel yang Freeze??
Freeze pada ponsel seperti beku / aktifitas ponsel tidak berjalan bisa disebut juga dengan macet total, kaya jalan tol ya. Tapi masalah ini bisa diatasi dengan cara dibawah.  Perlu kalian ingat memainkan ponsel sambil charger juga bisa membahayakan ponsel kalian, jadi tunggu sampai baterai ponsel kalian sampai penuh.

Apa Penyebab Ponsel Yang Freeze??
Ada beberapa yang mempengaruhi ponsel freeze :

1.Menjalankan Aplikasi lebih dari 4-10 Bahkan lebih.
Saat kita menggunakan sebuah aplikasi atau game di ponsel, sudah pasti memakan RAM di latar belakang dan akan menjadikan kinerja ponsel menjadi berat dan semakin berat, akhirnya freeze dan crash.

2. Jangan menyimpan semua aplikasi di memory internal
Banyak pengguna smartphone pada umumnya menginstal aplikasi tidak memilah milih memory yang digunakan sebagai media penyimpanan aplikasi tersebut. Memory internal itu tidak bisa ditambahkan dan kapasitasnya terbatas tergantung spesifikasi smartphone kalian masing-masing. Jika kapasitas memory smartphone kalian kecil ditambah dengan aplikasi tambahan lainnya maka semakin penuh akan mengakibatkan hang dan freeze.

3. Jangan biarkan memory eksternal full ( SD Card )
Masalah ini sama dengan no.2 semakin rendah kapasitas SD Card semakin lambat juga kinerja smartphone kalian, solusinya adalah hapus data cache, cookie, dan berkas tidak penting lainnya.

4. Kelola file dengan baik dan rutin
Kelola-lah file manager smartphone kalian dengan baik dan lakukan secara rutin hapus juga file sampah yang tidak diperlukan seperti cookie, cache, dan lainya

5. Update Versi OS Android kalian ke lebih atas
Pengguna smartphone di anjurkan untuk memperbarui system agar kinerja lebih baik dari sebelumnya.

6. Jangan gunakan aplikasi antivirus dan lainnya
Kenapa jangan menggunakan aplikasi tersebut? karena menurut para android opreker aplikasi tersebut memakan banyak memory di latar belakang, memang aplikasi tersebut dapat meringankan kinerja ponsel kita, tapi hanya beberapa saat saja. Contoh dari aplikasi tersebut adalah Clean Master, 360 Security Lite. 

7. Jangan menekan tombol HOME saat keluar dari aplikasi
Mungkin banyak pengguna smartphone di dunia mengeluarkan aplikasi dan game dengan cara cepat menekan tombol HOME. Dengan ini aplikasi tersebut masih berjalan di Latar belakang, sebaiknya kita keluar menggunakan tombol Back lalu Exit. Atau kita bisa juga menghapus Recent dari aplikasi yang kita jalankan tadi.

Jadi bagaimana cara mengatasi Smarthpone yang HANG dan Freeze??

Cara mengatasi nya mungkin sedikit asing, namun ponsel kita akan kembali dan pulih lagi, lakukan cara ini dengan teliti jika ponsel kamu Hang dan Freeze

1. Disaat ponsel freeze dan hang jangan tekan tombol apapun, dan jangan sentuh layar.
2. Diamkan ponsel kalian selama 1 menit, lalu ikuti cara dibawah
3. Pada saat ponsel freeze yang harus dilakukan adalah MENEKAN TOMBOL POWER SELAMA 10-20 DETIK.

4. Tekan sampai ponsel reboot otomatis
5. Selamat kini ponsel yang baterai tanam kalian bisa booting normal lagi.


Setelah melakukan cara diatas sebaiknya kita menghindari peyebabnya seperti 7 penyebab diatas. Terima kasih telah mengunjungi artikel saya dan jangan lupa berlangganan via email untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari infoteckno.



SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

6 Responses to "Mengatasi Android Crash & Freeze Android Baterai Tanam"

  1. Saya pengen punya android tapi apalah daya dompet saya tipis.

    Thanks infonya bermanfaat kebetulan tab temen saya ada yang lagi error ntar saya praktekin

    ReplyDelete
  2. Bissmillah emang penting banget gan, hehe
    dulu juga sempet panik gara-gara android nge hang, tapi ternyata ada lubang kecil yang bisa ditusuk gitu gan buat reboot androidnya

    ReplyDelete
  3. wah itu bukannya shut down hp nya gan kalo tombol power di tekan lama?

    ReplyDelete
  4. ga bisa gan, masih sama T,T

    ReplyDelete

PERATURAN KOMENTAR :

1. Dilarang Spam
2. Dilarang Memasang Link Aktif
3. Dilarang Menghina Sesama
4. Komentar Harus RELAVAN Dengan Artikel

Terimakasih Atas Antisipasi Anda Telah Menaati Aturan Diatas.