Jenis Jenis Komputer

Jenis Jenis Komputer

Jenis Jenis Komputer - Jenis Komputer ini dapat dibagi menjadi beberapa macam, nah untuk membedakannya dapat dibagi berdasarkan klarifikasi komputer. Yang dimana secara umum klarifikasi komputer terbagi kedalam 3 kategori:
1. Operasional Principle (Komputer Dengan Prinsip Operasional)
2. Processing power (Komputer Berdasarkan Daya Pengolahan)
3. Personal Computer (Komputer Berdasarkan Penggunaan Pribadi)
Dari setiap klarifikasi diatas memunculkan beberapa varian jenis komputer. Untuk mengetaui varian tersebut maka kita bahas satu persatu.

Baca Juga : Macam - Macam Komponen Dalam Komputer Beserta Kegunaannya

Operasional Principle( Komputer Dengan Prinsip Operasional)

1. Komputer Digital
Komputer serba digital ini merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal secara umum. Data yang diterimanya pun sama adalah yang sudah berupa data digital. Selain itu fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam tafsiran bentuk angka, huruf, dan lain - lain.

2. Komputer Analog
Sedangkan Komputer Analog adalah yang digunakan untuk menerima sinyal analog, yang berfungsi sebagai pengecekan data yang bukan berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Jenis komputer yang biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan. Contoh penggunaannya adalah melakukan pengecekan suhu, penghtung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya dan lain sebagainya. Komputer ini biasanya digunakan pada kegiatan - kegiatan ilmiah.

3. Komputer Hybrid
Nah kalau komputer ketiga adalah penggambungan dari analog dan digital yang memiliki tugas sebagai melakukan pengenadialan proses dengan konversi sinyal analog ke digital maupun sebaliknya.

Processing Power (Komputer Berdasarkan Daya Pengolahan)

1. Mainframe
Yaitu jenis komputer processing power besar yang digunakan sebagai proses data dan aplikasi yang besar. Mainframe biasa digunakan di perusahaan atau organisasi, dengan menggunakan mainframe untuk aplikasi ini sangat kritis seperti sensus, riset penelitian, dan lainnya. Mainframe dapat melakyani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan serta memiliki kapasitas melayani beberapa sistem operasi dan juga beroperasi sebagai mesin virtual serta dapat digunakan di beberapa server pusat kecil.

2. Mikrokomputer
Nah jika ini khsus digunakan untuk satu pengguna atau single user, biasa disebut dengan komputer pribadi atau desktop karena komputer ini sudah dirancang sedemkian rupa agar mampu berinteraksi dengan penggunanya.

Baca Juga : Macam - Macam dan Jenis Web Hosting

Personal Computer (Komputer Berdasarkan Penggunaan Pribadi)

1. Desktop
Yaitu bagian komputer pribadi yang ditujukan dalam gunaan secara umum disatu lokasi serta dirancang ntuk meletakan dan digunakan diatas meja rumah atau kantor. Desktop periferal ini seperti tampila komputer, GPU, keyboard secara terpisah antara satu sama lain dengna ukuran yang cukup besar. Komputer jenis ini merupakan yang paling terjangkau harganya dan paling umum di gunakan

2. Laptop
Pengoprasiannya hampir mirip dengna desktop diatas, tapi keunggulannya adalah laptop simpel diabwa kemana saja atua biasa disebut potable serta sudah satu paket dengan keyboard dan mouse. Laptop berjalan dengan menggunakan daya dari baterai atau adaptop eksternal yang mengisi pada baterai laptop.

3. Netbook
Fungsinya hampi sama dengan laptop hanya saja yang menjadikan perbedaannya adalah netbook lebih kecil ukurannya dari pada laptop.

4. Server
Komputer server dirancang khusus bagi menyediakan layanan kepada mesin klien dalam jaringan komputer. Mereka memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan processor yang kuat. Komputer server dapat berjalan dengna program yang melayani permintaan client dan mengalokasikan sumber daya seperi waktu untuk mesin klien dan memori. Umumnya komputer server berukuran sangat besar.  Karena dirancang untuk kebal terhadap kegagalan dan bencana alam.

5. Komputer Tablet
Jenis komputer ini dapat bergerak dengan menggunakan teknologi layar sentuh. Tablet terintegerasi dengna layar keyboard atau menggunakan stylus. Apple iPad didefinnisikan sebagai kategori akomputer tablet

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Jenis Jenis Komputer"

Post a Comment

PERATURAN KOMENTAR :

1. Dilarang Spam
2. Dilarang Memasang Link Aktif
3. Dilarang Menghina Sesama
4. Komentar Harus RELAVAN Dengan Artikel

Terimakasih Atas Antisipasi Anda Telah Menaati Aturan Diatas.